Prabowo Dampingi Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan untuk Turki dan Suriah

30
Jokowi dan Prabowo saat meninjau bantuan yang akan dikirimkan untuk korban gempa Turki dan Suriah. (Foto/BPMI)
TM Jakarta РMenteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, mendampingi Presiden RI Joko Widodo memberangkatkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa Turki dan Suriah, dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (21/2/2023).
Ini merupakan bantuan tahap ketiga berupa logistik, dan akan dikirimkan dengan menggunakan empat pesawat masing-masing dua pesawat untuk tiap negara.
“Pada pagi hari ini mendampingi Presiden Joko Widodo melepas keberangkatan bantuan pemerintah Republik Indonesia untuk Turki dan Suriah, berisi 140 ton bahan makanan,” kata Menhan Prabowo.
“4 pesawat akan menerbangkan bantuan ini sekaligus memperkuat pesawat Hercules TNI AU yang sudah berada di sana sejak awal pasca gempa,” imbuh Prabowo.
Selain itu, pemerintah Indonesia juga mengirim Tim SAR, Tim Medis, dan rumah sakit lapangan yang sudah lebih dulu berangkat ke titik lokasi gempa di Turki dan Suriah. Pemerintah Indonesia berharap bantuan ini bisa bermanfaat bagi korban bencana gempa bumi di Turki dan Suriah.
Sebelumnya, Kementerian Pertahanan RI telah mengirimkan bantuan gelombang pertama misi kemanusiaan pemerintah RI pada Sabtu (11/2) dari Lanud Halim Perdanakusuma.
Misi tersebut dibawa dengan 2 pesawat TNI AU, Pesawat Boeing 737-400 membawa 47 personil Medium Urban SAR BASARNAS (MUSAR Inasar) dan perlengkapan ringan.
Kemhan RI dan TNI AU juga mengirimkan perbantuan Pesawat Hercules C-130 untuk membawa perlengkapan berat dan bantuan kemanusiaan.
Selain Prabowo, turut mendampingi Jokowi saat melepas keberangkatan, Menlu Retno Marsudi, Menko PMK Muhadjir Effendy, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto serta Kabasarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi. (Tim/*)

Editor: Meghawaty

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here