Thursday, July 18, 2024
spot_img
HomeUtamaPrihal Keberadaan TPS Di Jalan Siliwangi Muara Ciujung, Ini Tangapan Kabid PS...

Prihal Keberadaan TPS Di Jalan Siliwangi Muara Ciujung, Ini Tangapan Kabid PS DLH Lebak

TM Lebak – Keberadaan tempat penampungan sampah (TPS) di jalan Siliwangi Muara Ciujung timur Rangkas bitung, kabupaten lebak mulai dikeluhkan masyarakat setempat. Menjadi tempat transitnya sampah dari para swadaya pengangkut sampah sebelum ke tempat pembuangan akhir (TPA), tps yang berlokasi tidak jauh dari pemukiman warga itu cukup menimbulkan bau menyengat.
Mul (41) warga yang cukup merasakan dampak bau menyengat dari tps mengatakan bahwasanya tps sudah menjadi keluhan dari warga. “Bau sekali kang. Apalagi kalau selesai hujan dan sampah sedang keadaan numpuk, makin nyengat bau nya,” ujar dia kepada media ini dilokasi tps, Kamis (14/3).
Terpisah, Nana mulyana, Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah dan B3 turut menanggapi atas tps yang telah ada sejak Tahun 2007 tersebut. Nana menjelaskan, tps yang letaknya juga bersebelahan dengan Kantor Kementrian Agama itu telah memiliki ijin.
“TPS yang berada di samping kantor kementerian agama kabupaten lebak alasanya sudah mendapatkan kan izin dari pemilik tanah dari tahun 2007 hingga sekarang dan apa bila harus di tutup tempat TPS yang bukan di tentukan oleh pihak dinas, kami siap menutupnya hari ini juga. asalkan ada persetujuan dan permohonan dari pemerintah desa khususnya RT dan RW setempat yang mengajukan untuk di tutup atau di pindah tempat TPS,” terang Nana saat dikonfirmasi diruang kerjanya.
Dia menegaskan, pihaknya memiliki tim gerak cepat/sapu bersih yang sigap membersihkan tumpukan sampah yang di anggap menjadi TPS oleh warga dengan cepat di angkut setiap pagi hari. Bahkan dirinya mengakui bahwasanya sosialisasi dari dinas lingkungan hidup kepada masyarakat cukup jelas bahkan sampai memasang spanduk himbauan agar masyarakat membuang sampah pada tempatnya yang telah di tentukan.
“Dan di sediakan seperti membuang pada kontainer kontainer milik dinas lingkungan hidup. Kami juga berharap kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarang,” tutupnya. (Benny)
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here