Saturday, March 2, 2024
spot_img
HomeDaerahDinkopumdag Brebes Gelar Pelatihan Kemasan Produk

Dinkopumdag Brebes Gelar Pelatihan Kemasan Produk

TM  Brebes – Untuk membuat pembeli kesengsem pada suatu produk, maka kemasannya harus indah, baik dan menarik. Untuk itu, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) seluruh produk yang dihasilkan dikemas seapik mungkin. Sehingga pembeli akan tertarik dengan produk yang dihasilkannya yang selanjutnya bisa membeli yang dihasilkan UMKM.
Untuk mewujudkan hal tersebut, Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkopumdag) Brebes menggelar Pelatihan Kemasan Produk di Dedy Jaya Hotel Brebes, Senin (23/10/2023).
Kepala Bidang Usaha Mikro Dinkopumdag Kabupaten Brebes Lusiana Indira Isni SSos MIKom mengatakan, kegiatan diikuti 25 peserta perwakilan dari UMKM di Brebes Utara. Mereka dilatih bagaimana cara membuat kemasan produk yang saat ini menjadi salah satu faktor penentu daya tarik pembeli. Kegiatan tersebut bersumber dari DAK Non Fisik Dinkopumdag.
“Tidak dipungkiri, penampilan kemasan menjadi daya tarik pembeli atau konsumen. Jadi, kami memberikan pelatihan ke 25 pelaku UMKM yang ada di Brebes bagian utara,” ujarnya.
Lusi menjelaskan, jika sebuah produk memiliki kemasan yang lebih baik, maka konsumen akan mudah mengingatnya. Jika sudah ingat, lanjutnya, konsumen kemudian akan membeli produk tersebut.
“Ada pepatah mengatakan, ‘Don’t judge a book by its cover’ atau jangan melihat buku dari sampulnya saja. Tapi, dalam pelaku usaha penampilan dirasa sangat penting menarik pembeli,” jelasnya.
Lusi menambahkan, dengan tampilan produk yang baik dan menarik maka bisa bersaing dengan produk lain. Karenanya, Lusi berharap dengan pelatihan tersebut produk UMKM asli Brebes bisa bersaing dengan produk lainnya.
“Semoga dengan mengikuti pelatihan ini, pemilik usaha di Brebes bisa memberikan penampilan yang lebih baik di kemasan mereka masing-masing,” ucapnya.
Sementara itu, Kepala Dinkopumdag Kabupaten Brebes Drs Zaenudin mengatakan, pelatihan ini selalu dinanti oleh para pemilik usaha. Di mana, mereka ingin mengetahui bagaimana kemasan yang diminati oleh para konsumen.
“Dan hingga saat ini, produk UMKM yang kemasannya sudah bagus cukup banyak. Bahkan, sudah ada yang masuk ke minimarket. Jadi, kami berharap dengan adanya pelatihan ini kemasan produk UMKM bisa lebih baik lagi,” pungkasnya. (Red)

Editor: Mega

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here