Tuesday, June 18, 2024
spot_img
HomeUtamaNapak Tilas dan Ziarah ke Makam Wali, Awali Rangkaian Peringatan Hari Jadi...

Napak Tilas dan Ziarah ke Makam Wali, Awali Rangkaian Peringatan Hari Jadi ke-541 Kabupaten Cirebon Tahun 2023 Sesi Kedua

 

TM CirebonBupati Cirebon dan Wakil Bupati Cirebon beserta jajaran, bersama Forkopimda melakukan napak tilas ke Masjid Kramat Buyut Trusmi dan ziarah ke makam para wali di komplek pemakaman Gunungsembung, Kecamatan Gunungjati, Senin (20/3/2023).
Dalam wawancaranya dengan awak media, Bupati Cirebon Drs. H. Imron, M.Ag mengatakan, kegiatan napak tilas merupakan salah satu upaya untuk terus mengingat proses pendirian Kabupaten Cirebon. Dimana, ada andil besar para leluhur serta peran besar dari Mbah Kuwu Cirebon dan Sunan Gunungjati.
“Dengan napak tilas ini, supaya kita tidak lupa dengan para pahlawan dan pendiri Cirebon,” ujar Imron.
Kegiatan yang dilaksanakan sekaligus menyambut datangnya bulan Ramadan ini, mengawali rangkaian Peringatan Hari Jadi ke-541 Kabupaten Cirebon Tahun 2023 Sesi Kedua. Dengan harapan, agar memperoleh keberkahan dalam menjalankan roda pemerintahan.
Dalam kesempatan tersebut, Imron memanjatkan doa agar cita-cita yang diharapkan oleh para leluhur bisa terlaksana. Selain itu, dirinya berdoa untuk kelancaran tugas dan amanah yang sedang diembannya saat ini, agar bisa memberikan kemajuan dan kemaslahatan kepada masyarakat Kabupaten Cirebon.
“Supaya mendapat keberkahan dalam memimpin Kabupaten Cirebon dan masyarakatnya bisa sejahtera,” harap Imron.
Imron juga membenarkan, bahwa tingkat kunjungan masyarakat di Makam Sunan Gunungjati mengalami peningkatan menjelang masuknya bulan Ramadan ini. Hal tersebut, dikarenakan adanya tradisi munggahan yang masih banyak dilakukan oleh masyarakat Kabupaten Cirebon dan masyarakat lainnya di luar Cirebon.
”Masyarakat juga turut melestarikan tradisi munggahan, menyambut datangnya bulan suci Ramadan dengan melakukan dizikir dan doa bersama di komplek tersebut,” pungkas Imron.
(Mahmud)
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here