Saturday, June 15, 2024
spot_img
HomeUtamaTerpilih Menjadi Ketua DPD Perhiptani, Sanaji.S.P Agendakan Tiga Program Penting

Terpilih Menjadi Ketua DPD Perhiptani, Sanaji.S.P Agendakan Tiga Program Penting

 

TM CirebonDPD Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kabupaten Cirebon, Rabu 23 Maret 2023 mengadakan Musyawarah Daerah Perhiptani yang bertempat di Pendopo Bupati Cirebon.
Dalam acara Musda Perhiptani tersebut melahirkan Ketua DPD Perhiptani masa Bhakti 2023 – 2028 yang baru yaitu Sanaji.S.P dari BPP Beber dengan memperoleh suara sebanyak 139 Suara.
Bupati Cirebon, H.Imron.MAg langsung memberikan ucapan selamat kepada Sanaji.S.P selaku Ketua DPD Perhiptani Kabupaten Cirebon yang baru dan berpesan agar segera bekerja memberikan penyuluhan – penyuluhan terhadap petani – petani yang ada di Kabupaten Cirebon.
“Ketua yang baru agar bekerja memberikan penyuluhan – penyuluhan terhadap para petani – petani yang ada di Kabupaten Cirebon,” ucap Bupati Cirebon.
Jadi Kepala Dinas Pertanian dan para penyuluh pertanian yang saat ini tugas semakin berat karena di Era modern di era globalisasi ini banyak pemikiran dari masyarakat petani yang dari turun – temurun menjadi Petani, namun sudah mulai ada kebosanan dan ingin hijrah kepada dunia lain, padahal dunia lain itu belum tentu sesuai dengan apa yang dia inginkan yaitu lebih daripada hasil petani.
Kemudian ada identik seolah – olah kalau petani ini orangnya tidak berkembang, karena petani kita masih berpola pikir masih tradisional, untuk itu dari para penyuluh pertanian agar bisa menjawab semua tantangan yang ada di era sekarang, bagaimana supaya para petani bisa menggembirakan.Tutur Imron.
“Saya selaku Ketua terpilih Perhiptani Kabupaten Cirebon periode 2023 – 2028, insya Allah akan menjunjung tinggi amanat dari teman – teman,” ucap Sanaji.S.P Ketua terpilih DPD Perhiptani Kabupaten Cirebon.
Agenda saya, yang pertama bagaimana bisa mensejahterahkan status teman – teman ASN P3K dengan PNS, sehingga masih banyak pendapatan yang belum sama, sementara bekerjanya sama saja.
Bupati Cirebon, Ketua Perhiptani dan Kepala Dinas Pertanian serta Peserta Musda Perhiptani berpoto bersama, Rabu 23/3 di Pendopo Bupati Cirebon.
Yang kedua ini akan menyelesaikan bahwa di Kabupaten Cirebon itu masih kekurangan penyuluh pertanian, dari 400 Desa kita hanya punya 254 penyuluh pertanian yang seharusnya satu Desa ada satu penyuluh pertanian, sehingga status penyuluh yang masih kontrak kita dorong menjadi ASN.
“Kita minta ke Pak Bupati agar ada slot khusus untuk penyuluh yang masih kontrak agar bisa menjadi ASN,” tuturnya.
Kemudian agenda saya yang ketiganya, kami akan banyak membantu kepada pegawai – pegawai PNS atau ASN semuanya tentang alih fungsi dan kenaikan pangkat, itu yang akan kami berikan dari Perhiptani.
“Yang penting adalah bagimana bisa meningkatkan taraf hidup petani, karena itu merupakan kewajiban kita bersama agar petani bisa cerah, petani bisa sejahterah dan penyuluh berjaya,” papar Sanaji.
Agenda tersebut lanjut Sanaji, akan kita sinkronkan dengan para pengurus Perhiptani dan dalam jangka waktu dekat kami akan menyusun draft kepengurusan DPD Perhiptani Kabupaten Cirebon.
“kami juga berharap Perhiptani akan menjadi mitra daripada Pemerintah Kabupaten Cirebon terutama Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, kita bisa bersinergi untuk bagaimana mengupayakan program – program kegiatan untuk meningkatkan taraf hidup para petani.”Pungkas Sanaji.
Sementara itu Ketua Panitia Musda Perhiptani Kabupaten Cirebon, Dodi Supriyanto.S.P mengatakan, kami hanya memfasilitasi pelaksanaan Musda, kami ingin lebih menguatkan bahwa keberadaan kami ada.Ucap Dodi.
“Kita panitia hanya diberikan kewenangan hanya untuk membentuk proses pemilihan saja, setelah itu menjadi kewenangan Ketua terpilih,” ujarnya.
Alhamdulilah kepada Pak Bupati Cirebon yang sangat luar biasa atas perhatiannya terhadap Perhiptani.
Untuk permasalahan penyuluh itu banyak sekali, kata Dodi, mulai dari regenerasi, kesejahteraan, koordinasi dan juga sinergi, sehingga kami butuh lembaga atau kendaraan yang bisa membawa kami kearah situ.
Belum lagi menurut Dodi, terbebani seorang penyuluh pertanian yang harus mensejahterahkan para petani, bukan hanya meningkatkan produksi petani saja karena peningkatan produksi belum tentu pendapatannya akan meningkat, akan tetapi kalau targetnya akan meningkatkan kesejahteraan para petani maka insya Allah produksi juga akan meningkat.Ungkap Dodi Supriyanto.S.P yang bertugas di BPP Gunungjati.
(Mahmud)
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here