Monday, July 15, 2024
spot_img
HomeNasionalDana Hibah Tak Kunjung Dicairkan, Diduga Pemkot Serang Kurang Prioritaskan Olahraga dan...

Dana Hibah Tak Kunjung Dicairkan, Diduga Pemkot Serang Kurang Prioritaskan Olahraga dan Prestasi Atlit

TM Serang – Dana hibah yang dicanangkan pemerintah kota serang untuk cabang olahraga (Cabor) melalui Induk olahraga KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Kota Serang disinyalir masih mangkrak. Terkesan kurang pro aktif dalam memberikan dukungan pada keberlangsungan setiap cabor dan atlit berprestasi, hingga bulan april pihak pemkot masih urung mencairkan dana hibah yang diketahui telah mendapat persetujuan dari DPRD kota Serang.
Disisi lain, merasa telah mengikuti prosedur dalam memastikan proses pengajuan hibah, KONI Kota Serang masih harus gigit jari akan dana hibah sebesar Rp. 5,1M tersebut. Padahal, rencananya dana tersebut akan diperuntukan sebagai dana operasional selama satu tahun, dana pembinaan, serta untuk pemberian bonus atlit berprestasi penerima medali dalam gelaran Porprov Banten di Tangerang pada Tahun 2022 lalu.
“Betul, wacananya KONI Kota Serang akan mendapat dana hibah pemerinrah daerah sebesar Rp, 5,1 M yang nantinya diperuntukkan sebagai dana oprasional selama satu tahun, dana pembinaan, hingga untuk pemberian bonus untuk para peraih medali di Porprov 2022 lalu di Kota Tangerang,” ujar Sekum Koni Kota Serang Drs. DN Hamzah, saat dikonfirmasi media ini melalui pesan whatsapp, Sabtu (15/4).
DN Hamzah menyebut, hingga April uang yang sudah diploting masih tetap belum juga dikucurkan, dengan keterangan yang didapat oleh dia dari pihak BKAD Kota Serang yang mengatakan masih menunggu instruksi pimpinan.
“Kami telah mempertanyakan soal realisasi dana hibah tersebut ke pihak BKAD Kota Serang, dan info yang kami terima, masih menunggu instruksi dari pimpinan. Padahal, DPRD Kota Serang telah memberi lampu hijau pada program dana hibah yang direncanakan oleh pemkot tersebut,” bebernya.
Lebih lanjut, DN Hamzah amat menyayangkan nasib para atlit yang telah berprestasi dan mengharumkan nama kota serang (penerima medali) pada gelaran porprov banten 2022 lalu. Lebih mirisnya, dikatakan oleh dia, Walikota sendiri dalam penyampaiannya yang telah menjanjikan bonus untuk setiap atlit penerima medali.
“Pastinya dengan belum cairnya dana hibah tersebut selain mengganggu program-program olahraga yang telah dicanangkan oleh setiap pengurus cabor, namun juga berimbas pada pada atlit berprestasi. Bayangkan, hingga H-7 ini, para atlit masih belum mendapat bonus dari apa yang telah mereka berikan. Skali lagi, kami (KONI) sangat berharap pemkot dapat segera merealisasikan dana tersebut,” tutupnya.
Ketua Umum Koni Kota Serang, Deni Arisandi ketika dikonfirmasi mengatakan telah melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Kadisparpor) Kota Serang Sarnata. Bahkan Surat Perintah Pembayaran (SPM) sudah terbit, dan sama dengan yang telah dipertanyakan oleh Sekum DN Hamzah, konon katanya dari kabar yang didapat, dana tak bisa cair lantaran masih menunggu arahan dari pimpinan.
“Saya tidak tahu mengapa sampai demikian. Jujur saja, pembinaan olahraga stagnan. Janji kadeudeuh peraih medali di Porprov VI macet,” heran dia.
Diperjelas kembali oleh Deni Arisandi, adapun dana hibah tersebut begitu diharapkan guna keberlangsungan dari operasional KONI Kota Serang itu sendiri.
“Anggaran KONI Kota Serang juga untuk membayar honor para staf yang bekerja di KONI. Baik staf, satpam, OB, supir dan lain-lain, mereka pasti menunggu. Karena memang belum dibayarkan sejak Januari lalu. Bila dikatung-katung seperti sekarang, kasihan nasibnya,” jelasnya.
Guna keberimbangan informasi, media ini mencoba mengkonfirmasi pihak pemkot melalui Kabid Olahraga Dispora Kota Serang melalui pesan whatsapp milik pribadinya. Namun, hingga berita ini ditayangkan masih belum mendapat tanggapan. (Rendy)
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here