Thursday, July 18, 2024
spot_img
HomeMetroRedistribusi Tanah Tahun 2024 Sentuh Masyarakat Kabupaten Lebak

Redistribusi Tanah Tahun 2024 Sentuh Masyarakat Kabupaten Lebak

TM Lebak – Kegiatan reforma agraria merupakan langkah pemerintah melalui program lintas sektor yg terdiri dari kementerian dan lembaga. Salah satunya adalah kementerian ATR/BPN yang bertujuan untuk meningkatkan, pemerataan kesejahteraan masyarakat, serta mengurangi ketimpangan penguasaan tanah.
Program prioritas nasional ini bertujuan memberikan aset dan akses kepada para petani untuk memiliki dan mengelola tanah, baik secara perorangan maupun kelompok dan harus bekerja sama untuk saling menguntungkan.
“Kegiatan redistribusi tanah merupakan penataan kembali struktur penguasaan, kepemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah yang lebih berkeadilan melalui penataan aset disertai dengan penataan akses untuk kemakmuran rakyat,” ungkap Wahyu Purnomo selaku kordinator subtansi Landreform Kanwil BPN Provinsi Banten kepada media ini di sela-sela kegiatan sosialisasi atau penyuluhan di kantor desa Lebaksitu kecamatan lebak gedong, Rabu (6/3/24).

Adapun tahapan redistribusi tanah yaitu, sosialisasi atau penyuluhan oleh kantor pertanahan/Kantor Wilayah BPN. Inventarisasi dan identifikasi subyek dan obyek redistribusi tanah, pengukuran dan pemetaan bidang tanah, sidang gugus Tugas reforma agraria (GTRA).

“Penetapan lokasi tanah obyek reforma agraria TORA bupati/walikota sesuai berita acara gugus tugas. pemberian hak atas tanah atau surat keputusan redistribusi tanah oleh kepala kantor pertanahan. Lalu penerbitan sertifikat dan pembukuan hak atas tanah oleh kantor pertanahan,” terang dia.
Lebih lanjut, Wahyu juga menyampaikan pada tahun anggaran 2024 Kanwil BPN Provinsi Banten mendapatkan program redistribusi tanah aebanyak 2000 bidang tanah yang di bagi dalam beberapa desa di kabupaten lebak antara lain kecamatan Lebak gedong terdiri dari desa Lebaksitu 800 bidang tanah, desa ciladaeun 200 bidang tanah desa Lebak Sangka 600 bidang tanah, kecamatan Sobang di desa Sobang 400 bidang tanah. (Benny)
RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here